painem

painem

Saturday, February 26, 2011

sense

25022011


sebagamana sohib-sohib aku tau. aku adalah orang Madura. aku skula di Jawa (Jombang) selama kurang lebih 4,5 tahun. awal massuk skul smp, logat maduraku sangatlah kental. jadi setiap aku bicara ataupun memperkenalkan diri. orang-orang udah bisa menebak dari mana asalku.pernah waktu memperkenalkan diri dalam bahasa inggris, tiba-tiba gurulku tanya dan menebak dari mana asalku. and, that's righ!

seiring bergulirnya, berjalannya, dan berlarinya waktu. . .aku sudah fasih bhs jawa. namun satu. aku suka lupa bahasa madura. jadi, kalau aku pulang kampung ke pamekasan, kadang aku suka keceplosan bicara bhs jawa yang notabene orang madura gak tau bhs jawa.
pas lag ngumpul ma temen. .
aku : he Rek!! tak kandani, masak io. . . (baru sadar kalo sekarang dimadura, setelah melihat reaksi yang tak dharapka pada temand".cz muka mereka udda mau nelen aku.)
ato ketika aku berada di jawa.
aku : 'korang ajer ben!(temen" jawa pada ugak tau ne bahasa, jadilah aku yang awalnya mau mengumpat,berhubung mereka gak tau . hffttt selamatlah diriku)

aku bilang ke temenku, kalo mereka mau fasih bahasa madura, mereka harus bisa ngucap dengan vokal "bedheh beddhena beddhe' bedde" yang artinya ada wadahnya bedak sobek.
dan rata-rata orang jawa tidak bisa mengucapkan vokal ini dengan baik.

kakak perempuanku selalu bilang "kamu tu lho sekarang di madura. ngomong bhasa jawaaaa terus"
"mau gimana lagi??"ucapku. aku juga kadang suka bingung bsendiri ampe" aku campur tu bahasa jadi bahasa indonesia, bahasa jawa, dan bahasa madura. jadi kayak three in one. exemple, " mas, je' kloppaeh oleh-olehe ia!" atau "mbak!! alya ki lho ngompol. adduh de'remmah ki".

No comments:

Post a Comment